PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata
komunikasi berasal dari bahasa latin communication yang berarti “pemberitahuan”
atau “pertukaran pikiran” . jadi, secara garis besar , dalam suatu proses
komunikasi haruslah terdapat unsure-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu
pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator dan komunikan.
Proses
komunikasi dapat diartikan sebagai “transfer informasi” atau pesan dari
pengirim pesan sebagai komunikator kepada penerima pesan sebagai komunikan.
Dalam proses komunikasi bertujuan untuk mencapai salinng pengertian antara
kedua belah pihak yang terlibat dlam proses komunikasi .
Adapun
beberapa definisi menurut para pakar,sebagai berikut:
1.
Komunikasi adalah proses yang
menggambarkan siapa yang mengatakan apa dengan cara
apa,kepada siapa efek
apa (Laswell)
2.
Komunikasi merupakan rangkaian proses
pengalihan informasi dari satuorang kepada
oranglain dengan maksud
tertentu.
3.
Komunikasi adalah proses yang melibatkan
seorang untuk menggunakan tanda-tanda
(alamiah
atau universal berupa simol-simbol berdasarkan perjanjian manusia ,
Dari definisi tersebut
maka dapat di golongkan dalam 3 pengertian utama komunikasi yaitu :
1.
Secara
etimologis, komunikasi dapat di pelajari menurut asal
muasal kata, yaitu komunikasi berasal dari bahasa latin ‘communication’ dan
perkataan ini bersumber pada kata ‘communis’ yang berarti sama makna mengenai
sesuatu hal yang di komunikasikan.
2.
Secara
terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian
suatu pernyataan dari seseorang kepada orang lain.
3.
Secara
paradigmatis, komunikasi berarti pola yang meliputi
sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai
suatu tujuan tertentu.
Drs. Suprato Tommy MS
,Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Jakarta, MedPress, 2009
JENIS KOMUNIKASI
Ada
dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal.
1.
Komunikasi
Verbal
Komunikasi verbal
adalah komunikasi ang menggunakan alat sehingga komunikasi verbal ini sama
artinya dengan komunikaasi kebahasaan. Komunikasi kebahasaan dapat dijalin
secara lisan dan tulisan. Komunikasi ini lazim di gunakan dalam kegiatan
sehari-hari.
Penggunaan komunikasi
ini biasanya lebih akurat dan tepat waktu. Sering juga komunikasi ini menyampaikan
arti tersembunyi , menguji minat seseorang. Keuntungan komunikasi ini yang di
jalin secara lisan , dengan cara tatap muka memungkinkan tiap individu untuk
berhubungan secara langsung.
2.
Komunikasi
Nonvebal
Komunikasi nonverbal
adalah komunikasi yang tidak menggunakan lisan maupun tulisan tetapi
menggunakan bahasa kial, bahasa gambar, dan bahasa sikap. Proses pemindahan
pesan tanpa menggunakan kata-kata.
Komunikasi jenis ini merupakan cara yang paling menyakinkan untuk menyampikan
pesan kepada orang lain , terutama penyandang tunarungu atau tunawicara.
Drs. Lia Christina,
Sst, Untung Sujianto,Drs Tatik, Komunikasi Kebidanan, Buku Kedokteran EGC,
2003, Jakarta
PROSES
KOMUNIKASI
Proses komunikasi
adalah setiap langkah mulai dari menciptakan informasi sampai di pahami oleh
komunikan. Komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen-komponen saling
terkait. Bahwa pelaku komunikasi beraksi dan bereaksi sebagai satu kesatuan dan
keseluruhan.
Dalam apliksinya,
langkah-langkah dalam proses komunikasi adalah sebagai berikut:
1. IDE
2. ENCODING
3. PENGIRIMAN
4. DECODING
5. BALIKAN
1.
Ide/gagasan diciptakan oleh
sumber/komunikator
2.
Ide yang diciptakan tersebut kemudian
dialih bentukan menjadi lambang-lambang komunikasi yang mempunyai makna dan
dapat dikirimkan.
3.
Pesan yang telah di-encoding tersebut
kemudian dikirimkan melalui saluran/media yang sesuai dengan karakteristik
lambang-lambang komunikasi di tunjukan kepada komunikan.
4.
Penerima menafsirkan isi pesan sesuai
dengan persepsinya untuk mengartikan maksud pesan tersebut.
5.
Apabila pesan tersebut telah berhasil di
decoding, khalayak akan mengirim kembali pesan tersebut ke komunikator.
Drs. Suprato Tommy MS ,Pengantar
Teori dan Manajemen Komunikasi, Jakarta , MedPress, 2009
KOMUNIKASI
EFEKTIF
Komunikasi efektif harus direncanakan dengan
memperhatikan situasi, waktu, tempat, dan pendengarannya. Permasalahan yang
sering di hadapi oleh seorang Public
Relatisions(PR) adalah kita menempatkan manusia seakan –akan benda yang
mudah dikumpulkan, lalu saja dianggap cukup. Untuk menjaga permasalahan terseut
tidak muncul, perlu di perlihatkan berbagai hal yang penting berikut ini.
Empat hal yang harus selalu di perhatikan, diingat,
dan dilaksanakan dalam kegiatan komunikasi oleh PR adalah sebagai berikut .
1.
Bahwa public kita itumanusia, jadi
mereka tidak pernah bebas dari berbagai pengaruh apa saja.
2.
Manusia itu cenderung selalu
memperhatiakn , membaca atau mendengarkan pesan yang dirasakan sesuai
dengankebutuhan atau sikap mereka.
3.
Adanya berbagai media masa yang beragam,
memberikan efek yang beragam pula bagi publiknya.
4.
Media massa memberikan efek dengan
variasi yang besar keada public atau perseorangan maupun kelompok.
Dengan kemajuan teknologi, interaksi anatara
anggota-anggota dalam masyarakat semakin meningkat dan manjangkaunya bertambah
luas. Komunikasi tatap muka dan komunikasi melalui mediamassa, kini lebih
dipakai secara terpadu guna mendapatkan tingkat efektifitas yang lebih tinggi.
Jadi kedua komunikasi terseut dipergunakan secara serentak guna saling mengisi.
Untuk membantu supaya komunikasi kita bias efektif
ada beberapa ketentuan untuk memudahkannya. Hal tersebut merupakan persyaratan
dasar dalam komunikasi ,yaitu :
1.
Kemampuan mengamati dan menganalisis
persoalan;
2.
Kemampuan menarik perhatian;
3.
Kemampuan mempengaruhi pendapat;
4.
Kemampuan menjalin hubungan .
Sr Assumpta Maria Rumanti, Dasar-dasar Public
Relations, Jakarta , PT Grasindo, 2002
IMPLIKASI
MANAJERIAL
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan
produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan
efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari
organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas
memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis
artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan
efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang
dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan
produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan
sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur
organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun
harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana
perusahaan iitu berada.
HERI Y, Implikasi Manajerial, http://herisllubers.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html
, 10 Maret 2015, Pukul 13.04 WIB
REFERENSI :
Drs. Suprato Tommy MS
,Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Jakarta, MedPress, 2009
Drs. Lia Christina Uripni Sst,
Untung Sujianto S.Kp ,Drs Tatik Indrawati Sst, Komunikasi Kebidanan, Buku
Kedokteran EGC, 2003, Jakarta
Sr Assumpta Maria Rumanti, Dasar-dasar Public
Relations, Jakarta , PT Grasindo, 2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar