LAPORAN
PENELITIAN
PENGARUH
KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI
KOTA DEPOK
Nama
: Megha Pratiwie Ismanto
NPM : 15113400
Kelas : 3KA01
Sistem
Informasi
Fakultas
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas
Gunadarma
2016
Kata Pengantar
Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia yang diberikan
maka penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah ini dengan judul “PENGARUH
KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI
KOTA DEPOK” dengan baik. Proposal peneliatian
ini disusun atas dasar tugas softskill dari Pak Sangsang Sangbakti.
Penulis menyadari bahwa Proposal peneliatian ini masih jauh dari kesempurnaan mengingat
keterbatasan waktu, pengetahuan dan pengalaman yang penulis miliki. Untuk itu
penulis mengharapkan bimbingan, saran serta kritik yang membangun dari berbagai
pihak guna menyempurnakan Proposal peneliatian
ini.
Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam Proposal
peneliatian ini, namun penulis menyadari
masih adanya kesalahan dan kekurangan diberbagai hal, karena kebenaran
semata-mata hidayah dari Allah SWT dan segala kekurangan yang ada akibat
keterbatasan penulis sebagai hamba yang tak sempurna. Oleh karena itu, penulis
sangat mengharapkan kritikan maupun saran yang bersifat membangun sehingga
dapat dilakukan perbaikan pada penulisan-penulisan yang akan datang.
Akhir kata semoga Proposal peneliatian ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Depok, 6 Juni 2016
Penulis,
(Megha Pratiwie Ismanto)
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar
............................................................................................................
i
Daftar
Isi .....................................................................................................................
ii
Bab
1 PENDAHULUAN............................................................................................
1
1.1 Latar
Belakang Masalah .......................................................................................
2
1.2 Pembatasan
Masalah
.............................................................................................
2
1.3 Perumusan
Masalah ..............................................................................................
2
1.4 Tujuan
PenelitiaN
.................................................................................................
2
1.5 Manfaat
Penelitian ................................................................................................
2
BAB
2 LANDASAN TEORI & HIPOTESIS
............................................................ 3
2.1
Landasan Teori
.....................................................................................................
3
2.2
Hipotesis
...............................................................................................................
4
BAB
3 METODOLOGI
PENELITIAN......................................................................
5
3.1
Tempat dan Waktu Penelitian
..............................................................................
5
3.2
Metode Penelitian
.................................................................................................
5
3.3
Instrumen Penelitian .............................................................................................
6
3.4
Analisis Data
........................................................................................................
6
DAFTAR
PUSTAKA .................................................................................................
7
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Perkembangan dan pertumbuhan industry otomotif
sekarang ini sangatlah pesat. Hal ini ditandai dengan bertambahnya kuantitas
kendaraan yang dimiliki masyarakat saat ini. Khususnya industry sepeda motor
sangat nampak perkembangannya, sepeda motor lahir dengan berbagai merek, model,
tipe, warna dan spesifikasi lainnya. Semua ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas
penduduk di berbagai aspek. Hal ini menunjukan bahwa industry sepeda motor
mengalami persaingan yang sangat ketat, masalah tersebut di satu sisi merupakan
ancaman (thrents), tetapi di sisi lain merupakan peluang (opportunity) bisnis
baru.
Industry
sepeda motor agar tetap eksis dipasar otomotif, maka harus tetap konsisten
dengan strategi memahami keinginan, kebutuhan dan selera konsumen. Hal ini
karena semakin banyak muncul berbagai merek beserta warian-variannya, sebut
saja Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, dan lain sebagainya. Sehingga perusahaan
perlu mengetahui fakitor apa saja yang dapat memengaruhi konsumen dalam
keputusan membeli suatu barang. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan
otomotif yaitu dengan pemberian merek dan meningkatkan kualitas produk.Banyak
factor yang dapat memengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian,
diantaranya adalah kualitas produk. Kualitas produk saat ini sangatlah
diperhatikan oleh konsumen. Konsumen menginginkan kualitas produk yang terbaik
dari produkyang dibelinya. Menurut kotler (2007) arti dari kualitas produk
adalah cirri dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada
kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
Berdasarkan
uraian tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk mengambil judul penulisan
ilmiah dengan judul : “PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI KOTA DEPOK.”
1.2
Pembatasan Masalah
Batasan
masalah pada penulisan ilmiah ini adalah harga dan promosi terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Honda Beat di Kota Depok.
1.3
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka dapat diambil rumusan
masalahan sebagai berikut :
1.
Adakah pengaruh tampilan, keandalan,
daya tahan, pelayanan, kinerja, estetika
Dan konfirmasi secara bersama-sama berpengaruh
terhadap keputusan pembelian
1.4
Tujuan Penelitian
Tujuan
Penelitian ini adalah Untuk mengenalisis apakah tampilan, keandalan, daya
tahan, pelayanan, kinerja, estetika dan konfirmasi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat
1.5
Manfaat Penelitian
Penelitian
ini diharapkan akan menghasilkan manfaat untuk semua pihak mengenai pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda Beat
antara lain :
1. Bagi
perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT
Honda dalam mengelola usahanya, dan dapat menentukan kebijakan-kebijakan dan
strategi apa yang akan berguna dimasa yang akan dating yang dapat meningkatkan
laba.
2. Bagi
penulis, dengan menggunakan pengetahuan teoritis yang diperoleh dibangku kuliah
untuk dibandingkan dengan praktek nyata yang sesungguhnya sehingga dapat
menambah wawasan pengetahuan mengenai pengaruhg kualitas produki terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat
3. Bagi
pembaca, diharapkan penelitian ini dapat memberikan konstribusi terhadap
peneliti dimasa yang akan dating khususnya yang berkaitan dengan kualitas
produk yang mempengaruhi keputusan pembelian.
BAB
2
LANDASAN
TEORI DAN HIPOTESIS
2.1 Landasan Teori
2.1.1
Definisi Kualitas Produk
Di
dalam menjalankan suatu bisnis, produk maupun jasa yang dijual harus memiliki
kualitas yang baik atau sesuai dengan harga yang ditawarkan. Agar suatu usaha
atau perusahaan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan, terutama persaingan
dari segi kualitas, perusahaan perlu terus meningkatkan kualitas produk atau
jasanya. Karena peningkatan kualitas produk dapat membuat konsumen merasa puas
terhadap produk atau jasa yang mereka beli dan akan mempengaruhi konsumen untuk
melakukan pembeliuan ulan.
Menurut
kotler (1985), pengertian produk dalam arti yang lebih luas untuk mencakup
segala sesuatu yang diberikan kepada seseorang guna memuaskan suatu kebutuhan
atau suatu keinginan. Konsep produk berpendapat bahwa konsumen akan menyukai
produk-produk yang memiliki kualitas, penampilan dan cirri-ciri terbaik.
Manajemen dalam organisasi yang berorientasi pada produk demikian
memusatkanenergi mereka untuk membuat produk yang baik dan terus meningkatkan
mutu produk tersebut.
2.1.2 Definisi Keputusan Pembelian
Keputusan
pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli dimana
konsumen benar-benar akan membeli. (Kotler
dan Armstrong : 2001).
Pengambilan keputusan konsumen pada dasarnya merupakan proses pemecahan
masalah-masalah. Kebanyakan konsumen, baik konsumen individu maupun
pembeli organisasi melalui proses mental yang hampir sama dalam memutuskan
produk dan merek apa yang akan dibeli. (Harper W.Boyd,Jr dan Orville C.
Walker,Jr. 2000).
2.1.3
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Menurut
(Kotler dan Keller : 2008). Ketika
membeli produk, secara umum konsumen mengikuti proses pembelian konsumen seperti (1) pengenalan masalah,
(2) pencarian informasi, (3) evaluasi alternatif, (4) keputusan pembelian, dan
(5) perilaku pasca pembelian. Lima tahapan ini mewakili proses secara umum yang
menggerakkan konsumen dari pengenalan produk atau jasa ke evaluasi pembelian.
Proses ini adalah petunjuk untuk mempelajari bagaimana konsumen membuat suatu
keputusan.
2.2
Hipotesis
Hipotesis
yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut :
H0 : Kualitas produk tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor
merk Honda Beat secara simultan.
H1
: Kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor merk Honda
Beat secara parsial.
BAB
3
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini berlokasi
di Shoroom Honda Wilayah Depok Cabang Margonda Raya, dan Kelapa 2 . hal ini karena disesuaikan dengan judul penelitian yang akan di lakukan . Waktu
penelitian di lakukan selama 1 minggu . dari tanggal 6 Juni 2016 – 11 Juni 2016
.
3.2 Metode Penelitian
3.2.1 Objek Penelitian
Dalam penelitian ini yang
menjadi objek penelitian adalah sepeda motor Honda Beat di Kota Depok
3.2.2 Metode Pengumpulan Data
Tahapan yang dilakukan
dalam membuat penulisan ilmiah ini adalah :
1. Metode
kepustakaan, metode ini merupakan pengumpulan data dengan cara membaca atau
mengutip yang berasal dari buku, jurnal atau tulisan-tulisan yang relevan
terhadap penelitian. Dari bahyan-bahan tersebut, diambil teori-teori yang dapat
dijadikan landasan untuk menganalisa masalah yang ditemukan dalam penelitian.
2. Metode
kuesioner online, yaitu metode penyebaran kuesioner yang dilakukan dengan
menggunakan bantuan media online
3.2.3
Alat Analisis yang Digunakan
Alat
analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah:
1. Uji
Validitas
Uji
Validitas adalah suatu data dpat dipercaya kebenarannya sesuai dengan
kenyataan. Teknik korelasi untuk
menentukan validitas item sampai sekarang merupakan teknik paling banyak
digunakan, menurut Sugyono (2002:124).
2.
Uji
Reliabilitas
Uji
reliabilitas dugunakan untuk mengetahui apakah alat pengumpulan data menunjukan tingkat ketepatan tingkat
keakuratan, kestabilan atau konsistensi dalam mengungkapkan gejala tertentu,
menurut Sugiyono (2002:172).
3.
Skala
Likert
Skala
Likert menurut Djaali (2008:28) ialah skala yang dapat dipergunakan untuk
mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang
suatu fenomena.
4.
Analisis
Jalur
Analisis
jalur merupakan pengembangan dari analisis korelasi, yang dibangun dari
diagram jalur yang dihipotesiskan
oleh peneliti dalam menjelaskan mekanisme hubungan kuasal antavariabel dengan
cara menguraikan koefisien korelasi menjadi pengaruh langsung dan tidak
langsung. Selain dari pada itu analisis jalur dapat dikatakan sebagai analisis
regresi linier dengan variabel-variabel yang dibakukan. Oleh karena itu,
koefisien jalur pada dasarnya merupakan koefisien beta atau koefisien regresi
baku. Diagram jalur yang dibangun oleh peneliti haruslah mempunyai dasar
pertimbangan teoritis yang benar serta pengetahuan logis yang dapat
dipertanggungjawabkan.
3.3 Instrumen Penelitian
Dalam Penelitian ini yang menjadi instrumen adalah peneliti
sendiri.
3.4 Analisis Data
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa
data primer. Data primer adalah sumber data yang diperoleh langsung dari sumber
asli (tidak melalui perantara). Data primer dapat berupa opini subjek secara
individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda, kejadian atau
kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data
primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi. Data primer dapat
berupa kuesioner, kelompok fokus, dan panel atau juga data hasil wawancara
peneliti dengan narasumber.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar